Daftar 10 Laut Terluas dan Terbesar di Dunia

Laut Terluas di Dunia - Kali ini kita akan berbicara mengenai laut. sebelum melangkah lebih jauh kita sebaiknya mengetahui definisi laut. menurut wikipedia Laut adalah kumpulan air asin yang luas dan berhubungan dengan samudra. Laut adalah kumpulan air asin yang sangat banyak dan luas di permukaan bumi yang memisahkan atau menghubungkan suatu benua dengan benua lainnya dan suatu pulau dengan pulau lainnya.

Bumi kita ini bahkan memiliki lautan yang lebih luas dari daratan. tak heran jika ukuran wilayah sebuah perairan sangatlah luas bahkan melebihi daratan. bahkan tiap tiap laut memiliki nama tersendiri dan berada pada wilayah yang mampu menghubungkan antar negara dan benua. laut dan perairan dengan ukuran yang sangat lebar dan luas biasa disebut samudra. namun selain samudra ada pula laut yang memiliki ukuran sangat besar seperti yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Dan untuk lebih jelasnya berikut ini daftar 10 laut yang masuk kategori dengan luas wilayah terbesar dan terlebar. so berikut listnya lengkap beserta penjelasan singkatnya . . .

laut terluas di dunia

Laut Terluas di Dunia


1. Laut Cina Selatan

Luas Laut Cina Selatan : 2.974.615 km


Laut terluas di dunia pada urutan pertama adalah Laut China Selatan. di laut china selatan ada lebih dari 200 pulau dan karang. sedangkan Negara-negara dan wilayah yang berbatasan dengan laut ini di antaranya: Republik Rakyat China, Makau, Hong Kong, Republik Tiongkok (Taiwan), Filipina, Malaysia, Brunei, Indonesia, Singapura, Muang Thai, Kamboja, dan Vietnam.

2. Laut Karibia

Luas Laut Karibia : 2.515.926 km


Laut Karibia adalah sebuah laut tropis yang bersebelahan dengan Samudra Atlantik dan tenggara Teluk Meksiko. di selatan laut karibia dibatasi oleh Venezuela, Kolombia, dan Panama, di barat dibatasi oleh Kosta Rika, Nikaragua, Honduras, Guatemala, Belize, dan semenanjung Yucatan Meksiko, di utara oleh kepulauan Antilles Besar, Kuba, Hispaniola, Jamaika, dan Puerto Riko, dan di timur oleh Antilles Kecil.

3. Laut Tengah

Luas Laut Tengah : 2.509.696 km


Selanjutnya ada laut tengah atau biasa disebut laut mediterania. laut tengah adalah laut antarbenua yang terletak antara Eropa di utara, Afrika di selatan dan Asia di timur, mencakup wilayah seluas 2,5 juta km².

4. Laut Bering

Luas Laut Bering : 2.261.070 km


Laut Bering adalah bagian dari Samudera Pasifik. Laut Bering dipisahkan dari Teluk Alaska oleh Semenanjung Alaska. laut bering sendiri berbatasan di sebelah timur dan timur laut dengan Alaska, di sebelah barat dengan Siberia dan Semenanjung Kamchatka, di selatan dengan Semenanjung Alaska dan Kepulauan Aleutian.

5. Laut Mexico

Luas Laut Mexico : 1.507.639 km


Selanjutnya ada laut meksiko yang berada diposisi ke lima sebagai laut terbesar di dunia. dengan luas sekitar 1,5 juta km, laut ini sempat menggemparkan karena memiliki danau/sungai didalam lautnya.

6. Laut Okhtsk

Luas Okhtsk : 1.392.125 km


Laut Okhotsk merupakan nama laut yang terletak di Samudra Pasifik di bagian barat, Semenanjung Kamchatka di timur, Kepulauan Kuril di tenggara, pulau Hokkaido di selatan, pulau Sakhalin di barat, dan Siberia di utara. Laut ini terletak di Distrik Federal Timur Jauh. Laut ini bermuara dengan Laut Jepang.

7. Laut Jepang

Luas Laut Jepang : 1.012.949 km


Laut Jepang dikelilingi oleh daratan Rusia dan pulau Sakhalin di sebelah utara, Korea Utara dan Korea Selatan di sebelah barat, dan di sebelah timur oleh kepulauan Jepang yang terdiri dari pulau Hokkaido, Honshu dan Kyushu. Laut Jepang merupakan wilayah perairan Jepang yang terkepung daratan ketika seluruh daratan Asia Timur masih bersatu.

8. Laut Hudson

Luas Laut Hudson : 730.121 km


Laut Hudson terletak di timur laut Kanada. di timur ia berhubungan dengan Samudra Atlantik oleh Selat Hudson, dan di utara dengan Samudra Arktik oleh Selat Foxe, Selat Fury dan Hecla.

9. Laut Cina Timur

Luas Laut Cina Timur : 664.594 km


Laut Cina Timur adalah sebuah laut tepi yang terbentang di sebelah timur Tiongkok, menghubungkan Jepang, Korea dan pesisir timur Tiongkok. Laut ini merupakan bagian dari Samudra Pasifik. Negara-negara yang bersempadan dengan laut ini termasuk: Korea Selatan, Jepang, Taiwan, dan Tiongkok.

10. Laut Andaman

Luas Laut Andaman : 564.879


Laut Andaman adalah laut yang terletak di tenggara Teluk Benggala, barat Myanmar dan barat Thailand. laut ini merupakan bagian dari Samudra Hindia. Kedalaman rata-ratanya adalah 870 meter, dan kedalaman maksimum adalah 3.777 meter.

Dan selesai sudah artikel tentang laut terluas kali ini. semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan serta keilmuan kita.

Belum ada Komentar untuk "Daftar 10 Laut Terluas dan Terbesar di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel