Daftar 8 Lubang Terdalam di Dunia Terbaru

Lubang Terdalam di Dunia - Bumi tentu memiliki lapisan lapisan hingga menembus kerak bumi. kira kira berapa jarak dari permukaan tanah ke kerak bumi? meski belum pernah ditemukan lubang bawah tanah yang sampai menembusnya. namun ada beberapa lubang di muka bumi yang memiliki kedalaman sangat luar biasa. bahkan bisa 10 kilomter lebih kedalam tanah. berbagai misteri dan pertanyaan pun mengiringi tempat dan lokasi tersebut.

Lubang lubang tersebut tentu bermacam macam bentuknya, ada yang ukurannya lebar dan luas, ada pula yang sempit. lalu ada yang merupakan buatan manusia serta ada pula yang terbentuk secara alami akibat proses alam. namun semuanya memiliki satu kesamaan yaitu ukuran kedalamannya merupakan yang paling dalam. tentunya sangat berbahaya dan mengerikan jika melihatnya

Dan kira kira mana sajakah lubang lubang terdalam di dunia saat ini. simak berikut daftar 8 besar lubang paling dalam dan terbesar di seluruh dunia update terbaru tahun ini lengkap beserta foto/gambar dan penjelasan singkatnya ...

Lubang Terdalam di Dunia

1. Kola Superdeep Borehole


lubang terdalam di dunia

Kola Superdeep Borehole adalah tempat terdalam di muka bumi saat ini yang belum pernah diakses oleh manusia, tetapi dibuat oleh manusia. Kola Superdeep Borehole juga tercatat sebagai lubang terdalam yang pernah dibor, kedalamannya adalah di 40.230 kaki di bawah tanah. awalnya proyek ini ditargetkan menembus hingga kedalaman 49.000 kaki, namun semakin dalam suhu semakin panas dan tidak memungkinkan untuk dilanjutkan karena akan sangat berbahaya. Jadi pengeboran diberhentikan pada tahun 1992.  

2. Mariana Trench


lubang terdalam di dunia

Mariana Trench adalah palung laut yang terletak di samudra pasifik. dalamnya adalah sekitar 35994 kaki. kabar yang beredar menyebutkan bahwa didalam palung ini terdapat spesies langka yang belum diketahui dan masih banyak lagi misteri yang belum terpecahkan tentang apa yang sebenarnya ada didasar palung ini.

3. Milwaukee Deep


lubang terdalam di dunia

Milwaukee Deep adalah sebuah lautan yang terletak di samudra atlantik. kedalamannya ini mencapai 28.680 kaki dibawah permukaan laut. palung ini sangat dalam dan berbahaya serta diduga sebagai faktor penyebab gempa bumi dan tsunami oleh para peneliti.

4. Litke Deep


Litke Deep 

Litke Deep adalah wilyah perairan atau laut yang memiliki kedalaman sedalam 17.881 kaki. perairan Litke Deep bisa dikatakan sebagai salah satu lubang paling ekstrem di muka bumi.

5. Kidd Mine


lubang terdalam di dunia

Selanjutnya ada Kidd Mine dengan kedalaman 13.123 kaki yang merupakan sebuah tambang yang terletak di afrika selatan. Kidd Mine dibuka pertama kali tahun 1964 dan dari tahun ke tahun semakin diperluas dan diperdalam. kini Kidd Mine mempekerjakan 2200 pekerja dan memproduksi jutaan ton biji setiap tahunnya.
 

6. Krubera Voronya Cave


lubang terdalam di dunia

Krubera Voronya Cave adalah sebuah gua bawah tanah yang sekaligus menjadi gua terdalam di dunia saat ini. panjangnya kedalaman gua ini mencapai 7.208 kaki. kini aktifitas menuruni gua Krubera Voronya Cave menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan oleh beberapa negara sekaligus untuk lebih mengeksplorasinya karena kemungkinan kedalaman Krubera Voronya Cave lebih dari 7.208 kaki.

7. Lake Baikal

 
lubang terdalam di dunia

Lake Baikal adala sebuah danau di negara rusia. namun kedalamannya mencapai 5.387 kaki. tentu akan sangat berbahaya berenang dan bermain main di danau ini. namun rencananya kawasan danau ini akan dijadikan lokasi wisata yang bisa dikunjungi sebagai tujuan berwisata.

8. El Zacatón


lubang terdalam di dunia

El Zacatón adalah sebuah fenomena alam yang terbentuk dengan sendirinya. El Zacatón memiliki kedalaman 1.112 kaki setelah diukur dengan sebuah robot otomatis. letaknya sendiri berada di meksiko. pada tahun 1994 dua orang penyelam professional yang benar benar ahli dalam penyelaman sebuah gua berusaha menyelami El Zacatón. namun salah satu dari mereka meninggal saat berada pada kedalaman 925 kaki karena tekanan yang meningkat. sejak saat itu tidak ada lagi manusia yang berani mencoba menyelami El Zacatón.

Terima kasih telah menyimak daftar lubang terdalam di dunia kali ini. semoga banyak manfaatnya serta semakin menambah wawasan dan keilmuan kita tentang tempat tempat menarik di muka bumi.

Belum ada Komentar untuk "Daftar 8 Lubang Terdalam di Dunia Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel