Daftar 10 Bendungan Terbesar di Dunia Terbaru

Bendungan Terbesar di Dunia - Bendungan atau dam adalah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi sebuah waduk, danau, atau tempat rekreasi dan wisata. Seringkali bendungan juga digunakan untuk mengalirkan air ke sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air. Kebanyakan bendungan juga memiliki bagian yang disebut pintu air untuk membuang air yang tidak diinginkan secara bertahap atau berkelanjutan.

Bendungan sendiri adalah tempat yang cukup penting. sebuah bendungan memiliki banyak sekali manfaat dan biasanya berfungsi untuk kebutuhan profesional seperti pertanian, penyimpanan air, kontrol irigasi banjir/pengendali banjir, pembangkit listrik, pasokan air, navigasi, pengalihan air dan banyak lagi.  

Kebutuhan yang berbeda beda menjadikan sebuah bendungan/dam dibangun dengan ukuran yang bervariasi. ada yang dibangun dengan ukuran biasa saja, namun ada pula yang dibangun dengan ukuran raksasa yang sangat besar dengan luas dan lebar serta kedalaman dan ketinggian yang lebih dari pada umumnya. biasanya semakin besar sebuah bendungan, maka semakin banyak fungsi yang bisa dijalankan oleh sebuah bendungan tersebut.

Dan untuk lebih jelasnya, kali ini akan kami bagikan kumpulan bendungan buatan manusia dengan ukuran terbesar di dunia yang merupakan perpaduan dari berbagai aspeknya terutama daya tampung / ukuran volumenya. jadi bisa dikatan semua daftar dibawah ini juga merupakan bendungan yang tertinggi, terluas/terlebar dan terdalam saat ini. so berikut daftar bendungan terbesar di dunia update terbaru tahun ini lengkap disertai dengan gambar/foto dan penjelasan singkatnya . . .

Bendungan Terbesar di Dunia


1. Three Gorges, China


Bendungan Terbesar di Dunia

Three Gorges ada di negara china dan merupakan bendungan terbesar di dunia saat ini. Tubuh bendungan selesai pada 2006. namun semua komponen proyek direncanakan diselesaikan pada tahun 2008. terdapat puluhan pembangkit listrik yang terinstall di bendungan ini.

2. Syncrude Tailings Dam, Kanada


Bendungan Terbesar di Dunia

Syncrude Tailings Dam adalah bendungan terbesar ke dua di dunia yang berlokasi di kanada. Volume bendungan adalah 540-720 juta meter kubik. bendungan Syncrude Tailings Dam memiliki panjang 88 meter. waktu dua tahun diperlukan untuk membangun bendungan yaitu dari 1976 -1978.

3. Tarbela Dam, Pakistan


Bendungan Terbesar di Dunia

Bendungan Tarbela Dam ini terletak di Pakistan. Bendungan ini dibangun dari tahun 1968 sampai 1976. Kapasitas penyimpanan bendungan adalah 106-152 juta meter kubik. Daerah yang dicakup oleh bendungan ini sangat besar dan mencakup permukaan daerah 259 kilometer persegi. bendungan Tarbela Dam ini digunakan untuk berbagai keperluan.

4. Fort Peck Dam, Amerika Serikat


Bendungan Terbesar di Dunia

Fort Peck Dam terletak di negara USA. Ini salah satu bendungan tertua yang terletak di Fort Peck. bendungan ini dapat menahan 96 juta meter kubik air. Ketinggian bendungan adalah 76,4 meter. bendungan memiliki keindahan pemandangan yang benar-benar indah dan sangat ideal sebagai tempat wisata juga.

5. Ataturk Dam, Turki


Bendungan Terbesar di Dunia

Bendungan juga disebut sebagai Karababa Dam, ini adalah nama asli dari bendungan Ataturk Dam. bendungan Ataturk Dam memiliki volume 84 juta meter kubik serta memiliki ketinggian 166 meter dan juga panjang 1.819 meter. umur bendungan ini sangat tua dan dibangun dari tahun 1983-1992. 

6. Flevoland Dyke, Belanda


Bendungan Terbesar di Dunia

Bendungan Flevoland Dyke terletak di Belanda. bendungan ini pertama kali dibangun pada tahun 1968. Total kapasitas bendungan adalah 78 juta meter kubik. bendungan memiliki ketinggian 13 meter. Bendungan ini juga sangat terkenal karena keindahannya dan menjadi objek wisata yang cukup terkenal.

7. Guri Dam, Venezuela


Bendungan Terbesar di Dunia

Bendungan Guri Dam dibangun pada tahun 1963 dan dibuka pada tahun 1978. Dengan demikian rentang waktu yang diambil untuk membangun bendungan sangatlah lama. bendungan dapat menahan air sekitar 70 juta meter kubik dan memiliki ketinggian 162 meter. bendungan meliputi daerah seluas 4250 kilometer persegi. Guri Dam juga digunakan untuk berbagai keperluan dan termasuk salah satu bendungan yang cukup terkenal di dunia. 

8. Gardiner Dam, Kanada


Bendungan Terbesar di Dunia

Bendungan Gardiner Dam terletak di Kanada. Gardiner Dam dibangun pada tahun 1959 dan merupakan salah satu bendungan tertua di dunia. bendungan Gardiner Dam memiliki panjang 64 meter dan lebar 1,5 km. bendungan Gardiner Dam juga dapat menahan 65.400.000 meter kubik air. 

9. Mangla dam, Pakistan


Bendungan Terbesar di Dunia

Bendungan Mangla dam dibangun pada tahun 1961 sampai 1967. bendungan ini terletak di negara Pakistan. bendungan Mangla dam ini dibangun di Sungai Jhelum. bendungan ini memiliki ketinggian 138 meter dan panjang 3,14 km. Mangla dam tercatat dapat menahan 65 juta meter kubik.

10. Oroville Dam, Amerika Serikat


Bendungan Terbesar di Dunia

Bendungan Oroville Dam terletak di Sungai Feather dan berada di negara AS. Ketinggian bendungan adalah 230 meteran serta memiliki panjang 2.110 meter. bendungan dapat menampung sekitar 59.600.000 meter kubik air.

Itu tadi artikel mengeai bendungan terbesar di seluruh muka bumi yang bisa kami bagikan. semua daftar bendungan diatas merupakan yang paling besar dari segi ukuran baik tinggi, lebar, luas dan volumenya. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daftar 10 Bendungan Terbesar di Dunia Terbaru"

Posting Komentar