Daftar 11 Kota Terbesar di Indonesia Update Terbaru

Kota Terbesar di Indonesia - Indonesia dimata dunia dianggap sebagai sala satu negara berkembang yang dari taun ke tahun selalu mengalami peningkatan baik dari segi ekonomi maupun pembangunan insfratukturnya. jika melihat ke dalam, maka berkembangnya negara kesatuan republik indonesia tak lepas dari kota kota besar sebagai penopang perekonomian bangsa sekaligus menjadi pusat perdagangan. kota kota ini memiliki peran yang sangat penting dan vital bagi kemajuan bangsa kususnya daerah dan wilayah sekitar yang tentu saja mendapatkan imbas positifnya.

Indonesia sendiri memiliki luas yang cukup besar sehingga jika ditotal maka terdapat banyak sekali kota kota di indonesia yang berjejer mulai dari sabang sampai merauke. dari sekian banyak kota di indonesia, beberapa diantaranya menjadi kota metropolitan yang tentu saja menjadi pusat dari banyak hal seperti bisnis, pereknonomian, hiburan dan lain sebagainya. kota kota besar di tanah air memiliki segalanya dengan gemerlap keidupan dan kemegahan didalamnya.

Penasaran? kali ini akan kami bagikan artikel tentang urutan 11 kota terbesar di indonesia update terbaru. yang juga bisa dikatakan sebagai kota termaju se indonesia. penilaian dan definisis kota besar sendiri memang agak membingungkan, namun kali ini penilaian didasarkan dari banyak hal seperti padatnya jumlah populasi penduduk, kekayaan kota tersebut, luas wilayahnya, kemajuan ekonomi dan insfratukturnya, serta kelengkapan fasilitas, sarana dan prasarananya. so berikut ini daftar lengkapnya disertai gambar, penjelasan dan review singkat tentang kota tersebut . . .


1. Jakarta


Kota Terbesar di Indonesia

Jakarta memiliki luas sekitar 661,52 km² (lautan: 6.977,5 km²), dengan penduduk berjumlah sekitar 8 jutaan jiwa. Wilayah metropolitan Jakarta (Jabodetabek) yang berpenduduk sekitar 28 juta jiwa, merupakan metropolitan terbesar di Asia Tenggara atau urutan kedua di dunia. Jakarta seperti yang kita tahu adala ibu kota republik Indonesia. segala macam hal tersedia di jakarta. pusat bisnis, hiburan dan ekonomi semuanya berada di jakarta yang praktis menjadikannya kota terbesar dan paling maju dalam segala bidangnya. hampir semua masyarakat kita berbondong bondong untuk pindah dan mengadu nasib di jakarta. geliat ekonomi yang tinggi membuat masyarakat percaya bahwa jakarta bisa mengubah nasib mereka. dengan begitu jakarta menjadi padat dan kemacetan pun menjadi hal biasa setiap harinya sehingga tingkat strees pun cukup tinggi. yah begitulah ibu kota.

2. Surabaya


Kota Terbesar di Indonesia

Surabaya memiliki luas sekitar 350,54 km² dengan penduduknya berjumlah hampir 3 juta jiwa. Surabaya sendiri adalah kota metropolitan terbesar pertama di jawa timur dan kedua di Indonesia setelah jakarta. surabaya menjadi pusat bisnis dan perdagangan di provinsi jawa timur. surabaya dikenal dan sijuluki sebagai kota pahlawan karena perjuangan arek arek suroboyo dalam melawan para penjajah. surabaya sendiri cukup layak untuk dijadikan pilihan sebagai kota tempat tinggal. tidak terdapat kemacetan separah di jakarta dan kebersihan kotanya sangat terjaga karena banyak lahan hijau di sepanjang jalanan di surabaya.

3. Medan


Kota Terbesar di Indonesia

Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara yang berpenduduk dikisaran angka 2 jutaan. Kota ini merupakan kota terbesar di luar Pulau Jawa dan dianggap sebagai kota metropolitan terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Kota Medan juga merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat. layaknya jakarta dan surabaya, medan juga menjadi pusat perekonomian bagi provinsi sumatera utara. Medan juga menjadi lah satu kota terpenting di indonesia karena sering menjadi destinasi wisatawan.

4. Bandung


Kota Terbesar di Indonesia

Selanjutnya ada bandung, kota yang masih cukup tetangga dengan ibu kota jakarta. bandung juga merupakan ibu kota jawa barat yang cukup padat, tercatat bandung menempati urutan ke 3 sebagai kota dengan penduduk terpadat di indonesia setelah jakarta dan surabaya tentunya. bandung dikenal dengan kotanya yang cukup maju dalam segala hal seperti pendidikan dan wisatanya. kota ini juga menjadi sala satu yang dianggap paling baik dalam hal menjaga kebersihan dan keindahan lingkungannya bersama dengan kota surabaya.

5. Palembang


Kota Terbesar di Indonesia

Kota Palembang adalah ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Palembang adalah kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan tentunya. sedangkan penduduknya berada di angka 2 jutaan jiwa. melihat statistik diatas praktis menjadikan palembang menjadi salah satu kota terbesar di indonesia. palembang terkenal dengan sungai musi dan jembatan amperanya, menjadikan palembang dijuluki kota wisata air.

6. Semarang


Kota Terbesar di Indonesia

Semarang adalah ibu kota jawa tengah dengan populasi penduduk sekitar 2 jutaan jiwa. perkembangan ekonomi dan kemajuan kota semarang berkembang cukup pesat beberapa taun terakir ini. banyak gedung gedung pencakar langit mulai dibangun di kota semarang sekaligus menjadikan kota semarang semakin padat dan tentu tak lepas dari kemacetan layaknya kota kota besar lainnya. pendapatan kota ini juga cukup tinggi karena statusnya sebagai ibu kota provinsi jawa tengah.

7. Makassar


Kota Terbesar di Indonesia

Makasar adalah ibu kota provinsi Sulawesi Selatan dengan kepadatan penduduk sekitar 1,6 juta jiwa. makasar menjadi salah satu kota metroppolitan di pulau sumatera bersama dengan medan dan palembang. gedung gedung tinggi dan pusat pusat bisnis terdapat di kota makassar ini. menariknya adalah makassar menjadi kota dengan pertumbuan ekonomi tertinggi di indonesia bakan selama 5 tahun terakhir ini. tak heran memang mengingat pembangunan insfratukturnya begitu cepat dan mampu menopang ekonomi kota makassar, salah satunya adalah bandara sultan hasanuddin.

8. Pekanbaru


Kota Terbesar di Indonesia

Kota Pekanbaru adalah ibu kota dan kota terbesar di provinsi Riau, Indonesia. populasi penduduknya berada dikisaran 1 jutaan jiwa. Kota ini merupakan kota perdagangan dan jasa, termasuk sebagai kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi dan urbanisasi yang tinggi.  laju perdagangan di pekanbau juga menjungjung tingggi keberagaman dimana banyak etnik yang bermain dalam sektor perdagangan mampu menjalin kebersamaan yang kuat.

9. Batam


Kota Terbesar di Indonesia

Kota Batam adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. sedangkan jumla penduduknya berada di angka 1,1 juta jiwa. kota batam sendiri mendapat julukan kota industri karena banyaknya pusat industri di batam mencakup produksi besi, baja galangan kapal dan banyak lagi. wilayanya sangat strategis karena berada di jalur pelayaran internasional serta berbatasan langsung dengan singapura dan malaysia.

10. Banjarmasin


Kota Terbesar di Indonesia

Kota Banjarmasin adalah ibu kota provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia serta kota terbesar dan terpadat di Kalimantan. Kota ini juga termasuk salah satu kota besar di Indonesia dan Kota terpadat di luar pulau Jawa. sedangkan untuk populasi, banjarmasin dihuni tak kurang dari 600 ribu jiwa penduduk. banjarmasin juga mendapat julukan kota seribu sungai karena banyaknya sungai yang berada di kota tersebut. tercatat terdapat sekitar 70 - an sungai ada di banjarmasin.

11. Balikpapan


Kota Terbesar di Indonesia

Balikpapan merupakan sebuah kota di Kalimantan Timur, Indonesia. Balikpapan memiliki penduduk sekitar 700 ribuan jiwa, yang merupakan 22 % dari keseluruhan penduduk Kaltim. sebagian besar ekonomi kota balikpapan berasal dati industri minyak dan gas. uniknya adalah balikpapan menjadi kota dengan biaya hidup tertinggi se indonesia.

Sekian mengenai kumpulan kota terbesar di indonesia. penilaian mana yang terbaik dan pantas bergelar kota besar tentu relatif dan mugnkin menjadi perdebatan. namun setidaknya 11 kota diatas layak dan secara umum dianggap sebagai salah satu kota terbesar dengan tingkat ekonomi termaju saat ini. sekian dan terima kasih telah menyimak.

Belum ada Komentar untuk "Daftar 11 Kota Terbesar di Indonesia Update Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel