Daftar 11 Menara Tertinggi di Dunia Terbaru

Menara Tertinggi di Dunia - Menara ialah sebuah struktur buatan manusia dan tingginya lebih dari lebarnya. menara memiliki berbagai fungsi salah satu diantaranya adalah untuk observasi, penyiaran, pengawasan, telekomunikasi, menunjukkan jam, menyebarkan bunyi, mercusuar dan objek pariwisata. tetapi tujuan utama pembangunan menara adalah untuk memelihara ruang dan tanah.

Melihat fungsi dan tujuannya yang bermacam macam, maka menara sendiri dibangun dengan bentuk yang bervariasi pula. ketinggian dan bentuk bangunan pun berbeda beda sesuai dengan kebutuhan. bahkan beberapa menara atau tower dibangun dengan tinggi menjulang ke langit dan tingginya mencapai ratusan meter. hal ini sekaligus difungsikan untuk menjadi ikon dan maskot sebuah kota atau negara.

Beberapa negara pun berlomba lomba membangun menara tertinggi pencakar langit. saat ini yang menjadi juara adalah menara Tokyo Skytree yang berlokasi di negara jepang. selanjutnya ada canton tower di china. dan secara keseluruhan dari 11 besar daftar menara tertinggi, china mendominasi dengan menempatkan 5 menaranya pada daftar dibawah ini.

Dan untuk selengkapnya, berikut ini daftar 11 menara tertinggi di dunia update terbaru tahun ini lengkap beserta foto/gambar dan penjelasannya secara detail . . .

Menara Tertinggi di Dunia

1. Tokyo Skytree, Jepang


Menara Tertinggi di Dunia

Dengan tinggi mencapai 634 meter (2.080 kaki). Tokyo Skytree merupakan tower tertinggi di dunia saat ini. menara ini dibuka pada tahun 2012 dan konstruksinya terbuat dari baja. fungsi bangunan ini adalah untuk keperluan penyiaran, restoran, dan menara observasi di Sumida, Tokyo, Tokyo Skytree tercatat sebagai menara tertinggi di muka bumi dan struktur tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa.

2. Cantor Tower, China


Menara Tertinggi di Dunia

Tinggi menara Cantor Tower adalah 600 meter (2.000 kaki). Cantor Tower dibuka pertama kali pada tahun 2010. Menara ini sempat memegang gelar menara tertinggi di dunia menggantikan CN Tower sebelum akhirnya dikalahkan oleh Skytree Tokyo pada tahun 2011. Cantor Tower adalah menara observasi multi fungsi yang berlokasi di Cina tepatnya Distrik Haizhu Guangzhou.

3. CN Tower, Kanada


Menara Tertinggi di Dunia

Tinggi CN Tower adalah 553,3 meter (1.815 kaki). menara ini selesai pada tahun 1976 dan menjadi menara sekaligus gedung/bangunan tertinggi di dunia pada saat itu. CN Tower memegang kedua rekor tersebut selama 34 tahun sampai selesainya Burj Khalifa dan Canton Tower pada tahun 2010. meski begitu menara yang berada di toronto, kanada ini masih menjadi salah satu yang paling tinggi saat ini.

4. Ostankino Tower, Rusia


Menara Tertinggi di Dunia

Ostankino Tower memiliki tinggi 540.1 meter (1.772 kaki). letaknya adalah di kota moskow, rusia. pertama kali dibuka pada tahun 1967, Ostankino Tower berfungsi sebagi menara radio dan televisi. saat ini Ostankino Tower merupakan menara tertinggi di seluruh eropa. Menara ini adalah bangunan pertama yang dibangun melebihi 500 m (1.600 kaki) tingginya.

5. Oriental Pearl Tower, China


Menara Tertinggi di Dunia

Oriental Pearl Tower memiliki tinggi mencapai 468 meter (1.535 kaki). dibuka pada tahun 1994, dan digunakan sebagai menara TV di Shanghai, Cina. mulai tahun 1994 hingga tahun 2007, Oriental Pearl Tower menjadi menara tertiggi di cina.

6. Milad Tower, Iran


Menara Tertinggi di Dunia

Milad Tower memiliki tinggi hingga 435 meter (1.427 kaki). menara ini dibuka pada tahun 2007, dibangun secara multi fungsi dengan material beton, Milad Tower terletak di Teheran dan merupakan menara/tower tertinggi di timur tengah.

7. KL Tower, Malaysia


Menara Tertinggi di Dunia

Tinggi menara KL Tower adalah 421 meter (1.381 kaki), menara KL Tower terletak di kuala lumpur  negara malaysia. menara dibuka pada tahun 1995 dan terbuat dari beton. Ini adalah menara tertinggi di Asia Tenggara sampai saat ini.

8. Tianjin Radio and Television Tower, China


Menara Tertinggi di Dunia

Lai lagi tower yang berasal dari neara china. menara ini diberi nama Tianjin Radio and Television Tower dan memiliki tinggi mencapai 415,2 meter (1.362 kaki) menara yang terbat dari beton ini dibuka pada tahun 1991 di Tianjin.

9. Central Radio and TV Tower, China


Menara Tertinggi di Dunia

Central Radio and TV Tower terletak di beijing, china. menara ini tingginya adalah 405 meter (1.329 kaki). menara ini konstruksinya terbuat dari beton serta dibuka pada tahun 1992 di Beijing

10. Zhongyuan Tower, China


Menara Tertinggi di Dunia

Tinggi dari menara Zhongyuan Tower adalah 388 meter (1.273 kaki). konstruksi menara terbuat dari baja dan dibuka pada tahun 2011. fungsi utamanya adalah digunakan sebagai sebuah restoran dan menara televisi dan menara observasi. Zhongyuan Tower adalah menara baja tertinggi didunia sampai akhirnya dikalahkan oleh Tokyo Skytree dari jepang.

11. Kiev TV Tower, Ukraina


Menara Tertinggi di Dunia

Kiev TV Tower adalah menara yang terletak di negara ukraina. tinggi menara Kiev TV Tower adalah 385 meter. Kiev TV Tower terletak di kota kiev dan selesai dibangun pada 1973 silam.

Terima kasih sudah menyimak artikel tentang menara tertinggi di dunia. semoga menambah wawasan serta pengetahuan kita semua.

Belum ada Komentar untuk "Daftar 11 Menara Tertinggi di Dunia Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel